Workshop Penyusunan Proposal dan Publikasi Karya Ilmiah

Perguruan Tinggi Berbasis Pesantren

Workshop Penyusunan Proposal dan Publikasi Karya Ilmiah

2 Maret 2022 Kegiatan Kampus 0
Workshop Penyusunan Proposal Dan Publikasi Karya Ilmiah

Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Yasini Pasuruan mengadakan kegiatan Workshop Penyusunan Proposal dan Publikasi Karya Ilmiah pada tanggal 24 Februari 2022. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) dosen STAI Al-Yasini Pasuruan, khusunya di bidang Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat. Sebagaimana tertuang dalam Undang-undang No.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, bahwa Perguruan tinggi berkewajiban untuk menyelenggarakan Tridharma Perguruan Tinggi, yaitu Pendidikan dan pengajaran, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat. Oleh karena itu, kegiatan workshop penyusunan proposal dan publikasi karya Ilmiah ini dilaksanakan dalam upaya untuk mewujudkan tujuan tersebut.

“Melakukan penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat adalah kewajiban seorang dosen, selain melakukan pembelajaran di kelas. Untuk itu, keterampilan dalam menghasilkan sebuah karya penelitian yang layak untuk dipublikasikan menjadi suatu kebutuhan yang mutlak harus dimiliki oleh seorang dosen”, Ujar Dr. Danial Hilmi, M.Pd (Pemateri Workshop Penyusunan Proposal dan Publikasi Karya Ilmiah). Beliau adalah seorang dosen Magister PBA UIN Maulana Malik Ibrahim Malang yang aktif melakukan penelitian dan telah menghasilkan lebih dari 30 karya yang dipublikasikan dalam jurnal nasional, maupun internasional (sinta 2 dan scopus).

Litapdimas adalah wadah yang mengatur segala bentuk aktivitas Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Publikasi Ilmiah baik di Perguruan Tinggi Islam Negeri (PTKIN) dan Perguruan Tinggi Islam Swasta (PTKIS) yang ada di bawah naungan Kementerian Agama RI. Setiap tahun Litapdimas membuka Pendaftaran hibah penelitian, pengabdian dan publikasi Ilmiah untuk seluruh dosen di PTKIN dan PTKIS se Indonesia. Hal ini menjadi motivasi dan semangat para dosen untuk terus berkarya dan meningkatkan kapasitas keilmuannya di bidang masing-masing. “Setelah dilaksanakannya kegiatan ini, besar harapan kami, seluruh dosen bisa turut aktif berkarya dan memberikan kontribusi nyata untuk pengembangan kampus, khususnya di bidang Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat, serta publikasi ilmiah”, ujar Akh. Syamsul Muniri, M.S.I (Ketua STAI Al-Yasini Pasuruan).

Oleh: Wilda Rihlasyita, M.Pd.I (Ketua Prodi PBA STAI Al-Yasini Pasuruan)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Buka chat
1
Assalamualaikum.
Ada yang bisa kami bantu ?