Wisuda Perdana STAI Al-Yasini Sukses Luluskan 117 Sarjana Pintar Baca Kitab Kuning

Perguruan Tinggi Berbasis Pesantren

Wisuda Perdana STAI Al-Yasini Sukses Luluskan 117 Sarjana Pintar Baca Kitab Kuning

22 Desember 2018 Al-Yasini Wisuda 0
Wisuda Perdana STAI Al-Yasini Sukses Luluskan 117 Sarjana Pintar Baca Kitab Kuning, alyasini, al yasini, yasini, pasuruan, stai

Yayasan Miftahul Ulum Al-Yasini komitmen dan istiqamah terus menyiapkan generasi yang berprestasi dan berkarakter santri. Hari ini Sabtu, 22 desember 2018 Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Yasini Pasuruan mewisuda 117 mahasiswanya.
Ratusan wisudawan telah dikukuhkan itu berasal dari sejumlah jurusan. Diantaranya dari Pendidikan Bahasa Arab (PBA) sebanyak 24 wisudawan, 41 wisudawan dari guru Madrasah Diniyah yang mendapat beasiswa Bupati Pasuruan serta 52 wisudawan dari jurusan Hukum Ekonomi Syariah (HES).
STAI Al-Yasini memiliki program studi unggulan, meliputi Hukum Ekonomi Syariah, Pendidikan Bahasa Arab dan Manajemen Pendidikan Islam. Saat ini jumlah mahasiswa STAI Al-Yasini lebih dari 400 orang.
Prosesi wisuda yang cukup sakral itu dihadiri sejumlah ulama dan pejabat. Diantaranya ada Rois Syuriyah PCNU Kabupaten Pasuruan, KH. Muzakki Birrul Alim yang juga Pengasuh PP. Hidayatulloh Tampung Kalirejo Gondangwetan Pasuruan, sekretaris PCNU Kabupaten Pasuruan, Gus H. Saiful Anam Chalim, M.Pd.I, dan para pengasuh Ponpes sekitar Al-Yasini.
Dari jajaran pejabat, Sekretaris Kopertais Wilayah IV, Fatikul Himami, M.E.I, Wakil Rektor II UIN Malang, Dr. Hj. Ilfi Nurdiana, M.Si., Kepala Dispendik Kabupaten Pasuruan, Kabag TU Kemenag Kab. Pasuruan, Muspida dan Muspika Kecamatan Kraton dan Wonorejo, Para Rektor dan Ketua Perguruan tinggi se-Kab. Pasuruan, Kepala SMA/MA dan Tokoh Masyarakat.
Dalam sambutannya, Ketua STAI Al-Yasini, Parmujianto, M.Si, menyampaikan ucapan selamat kepada wisudawan. Serta minta doa kepada para hadirin, karena tahun depan STAI Al-Yasini akan menambah 3 prodi untuk menjadi institut atau bahkan universitas.
Dalam Sambutannya Rois Syuriyah, Kyai Muzakki mengatakan bahwa Al-Yasini merupakan pesantren salaf di wilayah Pasuruan yang memilki 2 arah, yaitu tetap mempertahankan kesalafan dengan menjadi sumber barokah dan merespon kebutuhan masyarakat dengan mengelola pendidikan umum, bahkan sampai perguruan tinggi.
Pengasuh PP. Terpadu Al-Yasini, KH. A. Mujib Imron, S.H., M.H, juga mengucapkan selamat kepada wisudawan atas dikukuhkannya sebagai sarjana. “Saya berpesan kepada para wisudawan untuk tetap belajar dan mempraktikkan ilmu di tengah-tengah masyarakat. Saya yakin wisudawan STAI Al-Yasini memiliki nilai plus mampu membaca kitab kuning dan mampu menjawab tantangan zaman di era milenial ini” ujar pria yang juga Wabup Pasuruan tersebut.
Ia mencontohkan Himmatul Auliah, SH wisudawan juara I baca dan memahami kitab Ihyak Ulumiddin tingkat wilayah Tapal Kuda dan tingkat Provinsi dan masuk sebagai juara harapan tingkat Nasional” ujar Gus Mujib disambut tepuk tangan hadirin.
Sedangkan Wakil Rektor I UIN Jember, Gus H. Nur Sholihin, S.Ag., S.H., M.H. sebagai keynote speaker menghimbau STAI Al-Yasini mampu bersaing dengan perguruan tinggi lain di kancah global dan mampu menghadapi era revolusi 4.0. Menurut Gus Sholihin di Pasuruan perlu ada satu perguruan tinggi negeri yang mampu mendongkrak daya saing peguruan tinggi swasta (PTS) sehingga bisa menguatkan keberadaan PTS.
Ucapan selamat juga disampaikan oleh ketua panitia wisuda, Irsyadur Rofiq, “Selamat dan Sukses kepada wisudawan terbaik, semoga ilmunya manfaat dan berkah. Saya bangga bisa manjadi bagian dari wisuda perdana ini” ujarnya. (Irham/Rofiq)

 

Silahkan Komentar Dengan Bijak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *