Mahasiswi PPL Al-Yasini Sukses Gelar Acara Seminar Parenting di MA Al-Ishlahiyyah Tumpuk Wonorejo Pasuruan

Perguruan Tinggi Berbasis Pesantren

Mahasiswi PPL Al-Yasini Sukses Gelar Acara Seminar Parenting di MA Al-Ishlahiyyah Tumpuk Wonorejo Pasuruan

27 September 2023 Kegiatan Kampus 0
PPL di MA Al-Ishlahiyyah Tumpuk Wonorejo tahun 2023

Kegiatan ini berlangsung pada hari rabu, 27 September 2023, bertempat di MA Al-Ishlahiyyah Tumpuk Sambisirah Wonorejo Pasuruan. Acara ini dikemas dalam Kegiatan Ngopi (Ngobrol Pintar) dengan tema “Menjadi Wanita Berdaya dan Berkarya”.

Bertepatan dengan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, dilaksanakan kegiatan Seminar Parenting dan Sharing Motivasi di MA Al-Ishlahiyyah Pasuruan.

PPL di MA Al-Ishlahiyyah Tumpuk Wonorejo tahun 2023

Kegiatan ini dikemas apik oleh mahasiswi PPL STAI Al-Yasini. Dengan materi utama, bedah buku “Millenial Parenting” oleh Ibu Swandari Safrida, S.Pd, salah satu guru di MA Al-Ishlahiyyah, sekaligus penulis buku Millenial Parenting. Beliau menyampaikan bahwa ilmu parenting sangat penting untuk dipelajari oleh semua calon orang tua, terlebih dalam menghadapi tantangan untuk mendidik generasi alpa zaman now ini. Materi ini tidak disampaikan di bangku sekolah, sehingga sangat penting bagi kita untuk menggali ilmu parenting masa kini dari berbagai sumber, salah satunya dari buku Millenial Parenting ini. Semua bab dalam buku ini dikupas tuntas dan disampaikan secara apik oleh sang pemateri. Mulai dari 3 fase dalam mendidik anak menurut Sayyidina Ali bin Abi Tholib. “Yang terdiri dari: Fase 7 tahun pertama (usia 0-7 tahun), yaitu orang tua harus memperlakukan anak seperti raja, berikan perhatian dengan tulus pada mereka.
Lanjut pada fase 7 tahun kedua (usia 8-14 tahun), yaitu fase dimana orang tua harus memperlakukan anak seperti tawanan perang, ajarkan tentang kedisiplinan dan tanggung tawab. Yang terakhir fase 7 tahun ketiga (usia 15-21 tahun), perlakukan anak seperti sahabat, berikan kepercayaan dan pilihan hidup pada anak. Itulah diantara banyaknya ilmu parenting yang penting dipelajari oleh semua orang tua”, ujar Bu Wanda.

 

PPL di MA Al-Ishlahiyyah Tumpuk Wonorejo tahun 2023

Sesi selanjutnya yaitu sharing motivasi oleh ibu Wilda Rihlasyita, M.Pd.I, selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) mahasiswi PPL di MA Al-Ishlahiyyah Pasuruan. Diantara materi yang disampaikan adalah pertanyaan mendasar, kenapa sih wanita itu harus berdaya dan berkarya? Jadi wanita harus tangguh, karena awal peradaban yang tangguh berawal dari wanita-wanita yang hebat. Bu Wilda menyampaikan bahwa, “Role model ilmu parenting bagi saya adalah dari cara orang tua saya dalam mendidik saya dan ketiga saudari saya. Yang alhamdulillah saat ini sudah bisa memetik hikmah dari semua perjuangan ibu bapak dalam mengantarkan kami hingga bisa pada titik ini. 3 putri ibu saya saat ini berprofesi sebagai guru dan dosen, dan adik saya baru saja wisuda dari program studi kedokteraan. Masih banyak hal yang perlu diperbaiki tentunya, semoga sedikit cerita dari saya tadi bisa menginspirasi. Salam semangat berdaya dan berkarya untuk seluruh wanita hebat di dunia”.

Acara seminar ini menutup serangkaian kegiatan PPL mahasiswi STAI Al-Yasini Pasuruan tahun 2023, di MA Al-Ishlahiyyah Pasuruan.

PPL di MA Al-Ishlahiyyah Tumpuk Wonorejo tahun 2023

Semua peserta mengikuti seluruh rangkaian acara dengan semangat dan antusias. Semoga kegiatan ini membawa manfaat untuk kedua lembaga pada khususnya, yakni STAI Al-Yasini Pasuruan dan MA Al-Ishlahiyyah Pasuruan. Serta bermanfaat untuk seluruh peserta seminar pada umumnya. [WR]

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Buka chat
1
Assalamualaikum.
Ada yang bisa kami bantu ?